HOME

Kamis, 24 Desember 2009

SETIAP AMAL TERGANTUNG NIATNYA

SETIAP AMAL TERGANTUNG NIATNYA


“Diriwayatkan dari Anirul Mukmini Abu Hafsh Umar bin Khatab radiallahu anhu. Ia berkata : Aku pernah mendengar Rasullah Shallahu alaihi wassalam bersabda: “Sesungguhnya amal itu tergantung pada niat, dan setiap orang hanya memperoleh apa yang ia niatkan. Barang siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang ditujunya atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang dihijrahkannya”

Hadis ini diriwayatkan oleh dua iman hadits, yaitu Abu Abdullah Mukammad bin Isma’il bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Bukhari dan Abu Husain Muslim bin al-hahhaj bin Muslim al-Qusyairy an-Naisabury dalam shahih keduanya, yang merupakan kitab paling shahih tentang hadits.
Bukhari meriwayatkan hadits ini pada bagian awal kitabnya, yaitu bagian al-Iman, bab Ma Jaa’a annal-A’maal bin-Niyyatil-Hasanah wa likullimri’in ma Nawaa, Sementara Iamam Muslim mencantumkannya dalam kitab al-Imaarah, abab Qauluhu Shallahu alaihi wassalam ‘Innamal-A’maalu bin-Niyyah’, nomor 1907.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar